Home » Main » Adobe Luncurkan Teknologi Software Deteksi Foto Editan, Demi Kurangi Hoax!

Adobe Luncurkan Teknologi Software Deteksi Foto Editan, Demi Kurangi Hoax!

Kabar gembira datang dari Adobe sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia yang meluncurkan software deteksi foto editan. Adobe mengembangkan teknologi Atificial Intelligence (AI), yakni sebuah software yang mampu mendeteksi foto asli atau hasil editan. Tim Adobe sama kelompok peneliti dari University of California berkeley fokus untuk mendalami pengembangan software ini.

Peneliti Adobe bernama Richard Zhang turut mengungkapkan bahwa saat ini masyarakat hidup di zaman yang sulit, untuk percaya apa yang mereka lihat di internet ketika diuji dan jaringan rel tersebut bisa mendeteksi gambar yang diedit dengan tingkat ketepatan hingga 99%. Presentasi tersebut tentunya lebih tinggi dengan tingkat ketepatan manusia yang hanya 53% saja.

Sebenarnya ini bukan pertama kalinya Adobe melakukan pengembangan aplikasi serupa. Bahkan mereka juga memiliki target spesifik untuk membuat teknologi software yang mampu mendalami manipulasi wajah. Melalui penelitiannya, Adobe mengklaim mampu mendeteksi foto editan hingga mengembalikan gambar ke prediksi bentuk semula sebelum diedit. Penasaran dengan produk ini? Simak pembahasan kali ini secara lengkap.

Software Deteksi Foto Editan Terbaru dari Adobe

Bagaimana Software Deteksi Foto Editan Bekerja?

Adobe menggunakan sejumlah teknik yang akan diterapkan pada perangkat lunak deteksi foto editan ini. Namun salah satu yang menarik yaitu analisis terhadap pola noise yang biasanya berbeda antara satu kamera ataupun satu foto dengan yang lainnya. Uniknya, foto yang terdapat penambahan objek dari foto lain biasanya akan memiliki pola noise yang tidak konsisten, tapi melalui teknologi AI tersebut sanggup mendeteksi dalam hitungan detik.

Menurut tim penelitian dari Adobe sendiri mereka memanfaatkan AI untuk fokus pada 3 manipulasi foto yang umum dilakukan, yaitu splicing (menggabungkan dua foto yang berbeda). Copy-move (menggandakan dan memindahkan objek dari satu foto ke foto yang lain) dan removal (menghapus objek dari foto lalu menggantinya dengan sesuatu yang lain)
Tim peneliti menggunakan puluhan ribu foto hasil manipulasi atau editan. Sehingga memudahkan mereka untuk melatih AI deep learning neural network, agar dapat mengenali foto yang sudah di manipulasi.

Manfaat Software Deteksi Foto Editan

Akhir-akhir ini memang publik seringkali dibuat heboh dengan berita viral bersumber dari gambar yang ternyata hasil editan menggunakan software Adobe Photoshop. Media publikasi banyak yang tertipu dan kadang memang gila ditanya yang sangat bagus, sehingga sulit untuk memastikan keasliannya.

Namun Bagaimanapun juga kita tidak bisa menyalakan Adobe selaku pengembang aplikasi Photoshop. Karena software Photoshop sendiri memiliki jasa yang cukup besar di berbagai industri terutama desain grafis. Itulah mengapa Adobe sadar akan potensi masalah yang bisa ditimbulkan melalui trik trik Photoshop dan akhirnya mengembangkan teknologi AI khusus untuk mendeteksi gambar editan atau gambar palsu.

Sumber deteksi foto editan ini memiliki manfaat yang besar bagi masyarakat, agar tidak mudah tertipu dengan gambar-gambar yang beredar di media sosial. Pengguna bisa membuktikan suatu gambar yang sedang viral asli atau merupakan hasil editan.

AI yang dibuat oleh Adobe pada dasarnya mampu mendeteksi apakah suatu foto telah dimanipulasi secara ekstrem dengan menggunakan Photoshop atau tidak. Manipulasi ekstrem tersebut merujuk pada suatu objek gambar yang dihilangkan atau ditambahkan dengan foto lain.

Pada intinya apa yang hendak dicapai oleh Adobe adalah untuk membantu pengguna menghadapi berbagai hoax yang merajalela di media sosial. Meskipun pengembangan aplikasi tersebut belum sempurna namun setidaknya dapat dimanfaatkan untuk membantu menandai gambar-gambar yang berpotensi palsu secara cepat. Bagaimana menarik sekali bukan software deteksi foto editan dari Adobe ini? Itulah software yang sedang dipersiapkan Adobe.

Baca Juga : Game Online Penambah Penghasilan